Pedoman Monitoring Shalat


Buku Monitoring Shalat bertujuan mendidik siswa menjadi anak muslim sejati, berkualitas dan berkarakter. Karenanya, buku ini menjadi pedoman bagi guru dan orang tua untuk pro-aktif memantau ibadah shalat anak.

Buku ini memonitor semua shalat fardlu (wajib) selama seminggu, dari hari Ahad hingga Sabtu. Setiap 1 lembar adalah catatan rekam shalat anak 5 waktu, setiap hari. Khusus siswa laki-laki, ada catatan rekam shalat Jumat.


Tulis nama Bulan…. Minggu ke….

Lalu, catat tanggal … di kotak nama Hari yang tersedia. Perhatikan icon gambar di setiap daftar kotak shalat. Lingkari gambar sesuai rekam shalat anak di setiap hari. 


Ada icon “Rumah, Masjid, Sekolah”. Artinya, di hari itu, anak shalat dimana? Lingkari sesuai fakta. Lalu, ada icon orang shalat “Sendiri dan Jamaah”. Pilih dan lingkari salah satunya sesuai kegiatan anak.


Dalam hal ini, orang tua dan anak harus berkolaborasi, saling evaluasi dan luangkan waktu untuk mengisi dan mencatat rekam jejak shalat anak. Di akhir minggu, guru akan menandatangani hasil monitoring shalat anak.


Khusus siswa laki-laki, harus melaksanakan shalat Jumat di masjid. Anak (bisa dibantu orang tua) harus menulis nama masjid, nama imam/khatib jumat, dan tema atau isi khutbah. Lalu, usahakan anak berani minta tandatangan kepada imam/khatib. Jika tidak memungkinkan, boleh dengan tandatangan takmir masjid.


Semua kegiatan monitoring ini harus dilaksanakan demi keberhasilan pendidikan anak-anak. Sebab, lembaga pendidikan Islam apapun, jika peserta didiknya tidak shalat, berarti lembaga itu telah gagal.


Ttd,

MI Tarbiyatul Hudq Malang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar