Ngaji Pagi BilQolam


Senin, 22 Juli 2024 merupakan hari aktif pertama usai masa taaruf madrasah (matsama) berakhir. Hari pertama ini, tepat di pukul 07:00 WIB semua siswa, baik siswa baru maupun lama telah berkumpul di halaman MI Tarbiyatul Huda Malang. Tampak para guru juga telah datang dan menyambut semua siswa dengan bersalam-salaman. Sebuah tradisi Islam yang harus terus dilestarikan sebagai bentuk pendidikan karakter agar peserta didik memiliki akhlak mulia.



Selain para guru, tiga orang ustadz dari BilQolam Malang juga telah bersiap masuk ke kelas. Mereka adalah Ustadz Moch. Indra, Ustadz Awal Akbar dan Ustadz Farhan Maulana. Ketiga tutor BilQolam ini telah bersertifikat BilQolam dan terlatih dalam mengajarkan baca tulis al-Quran ala PIQ Singosari. Setelah para siswa menyanyikan lagu Indonesia Raya, Pancasila dan doa-doa, mereka bergegas menuju kelas untuk belajar BilQolam sesuai dengan level atau tingkat kemampuan siswa yang telah dievaluasi melalui placement test.


Di level 1, ada 22 siswa; di level 2 ada 12 siswa; dan di level 3 atau kelas Juz Amma ada 13 siswa. Pada pertemuan perdana ini, para ustadz BilQolam memulai pelajaran dengan taaruf, saling berkenalan, sekaligus menjelaskan tentang program BilQolam mulai materi ajar, metode, aturan dan sebagainya. Tampak wajah riang gembira dan penuh semangat dari para siswa yang mengikuti program ngaji pagi ala MI Tarbiyatul Huda Malang ini.




Program Ngaji Quran dengan metode BilQolam berlangsung pada pagi hari mulai pukul 07:00 WIB dan berakhir 08:00 WIB. Meski hanya 1 jam penuh, namun metode BilQolam ini diyakini akan mampu secara efektif dan efisien mendorong para siswa bisa membaca al-Quran dengan baik dan benar. Dengan BilQolam, siswa diajak mengenal dan mempraktikkan membaca tidak hanya secara lisan, tapi juga melalui tulisan dan media bantu yang mempermudah anak memahami materi ajar. Karena itu, metode ini dinamakan BilQolam yang artinya “Dengan Pena”, mengadopsi dari ayat ke-4 surah al-‘Alaq, “Alladzi ‘allama bilQolam” (Yang mengajarkan dengan pena).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar