Ngaji Metode BilQolam


 


Metode BilQolam merupakan metode praktis belajar Al-Qur'an yang telah disusun dan ditashih langsung oleh K.H. Basori Alwi (Pakar Al-Qur'an, Pendiri Pesantren Ilmu Al-Qur'an PIQ Singosari). Metode ini memuat 4 materi ajar yang disusun secara berjenjang dari Jilid 1 hingga 4. Metode ini sangat adaptif bagi pemula di semua jenjang pendidikan, baik formal, non-formal, maupun informal.

Metode BilQolam telah berhasil diterapkan di sekolah unggulan mulai jenjang MI/SD. MTs/SMP, MA/SMA?SMK, termasuk juga di Majelis Ta'lim, TPQ/TPA, dan sebagainya. Kurikulum dalam BilQolam dapat diimplementasikan ke dalam kurikulum sekolah melalui kegiatan intra atau ekstra kurikuler. Hal ini sangat tepat diaplikasikan di MI Tarbiyatul Huda Malang yang memiliki konsep HUDA Education (Hidayah, Unggul, Dinamis, Adaptif).

Di dalam Metode BilQolam, siswa tidak hanya sekedar bisa membaca, tapi yang lebih penting adalah mampu membaca dengan baik dan benar, fasih, lancar, bertajwid dan tartil dengan lagu khas ala PIQ. Metode BilQolam disampaikan oleh Tenaga Pengajar Bersertifikat BilQolam dengan standar unggul sehingga kualitas pembelajaran Al-Qur'an ala BilQolam tetap terjaga mutunya.

Pada praktiknya di MI Tarbiyatul Huda Malang, Metode BilQolam akan diterapkan pada tahun ajaran baru 2024. Di pagi hari, seluruh siswa-siswi MI Tarbiyatul Huda akan digembleng dengan baca tulis Al-Qur'an, selain juga shalat Dhuha berjamaah. Dengan pembiasaan dan pembinaan ini, diharapkan siswa-siswa telah mampu membaca Al-Quran dengan baik dan benar pada tahun kedua atau ketiga. 

Siswa yang telah mengkhatamkan seluruh materi BilQolam akan dievaluasi dan diuji dengan standar BilQolam. Bila lulus, mereka akan mendapatkan sertifikat lulus BilQolam. Sertifikat ini menjadi syarat bagi siswa untuk mengikuti tahap selanjutnya, yakni Program Tahfidz Anak di MI Tarbiyatul Huda Malang.

Dengan BilQolam, siswa akan dapat belajar aktif, bersemangat, dengan lagu tartil yang merdu khas PIQ, dan juga dibekali dengan kemampuan menulis huruf dan kata bahasa Arab. Karenanya, metode ini dinamakan BilQolam yang berarti "Dengan Pena", terinspirasi dari Al-Qu'an surah Al-'Alaq ayat 5 (artinya): "Yang mengajar dengan pena".

Program Ngaji Qur'an Metode BilQolam di MI Tarbiyatul Huda Malang ini akan mensejajarkan madrasah ini dalam deretan madrasah unggulan. Tahun 2024 adalah awal transformasi MI Tarbiyatul Huda Malang menjadi madrasah unggul dan terdepan dalam kualitas dan prestasi, sesuai slogannya, "The First Step to Success". MI Tarbiyatul Huda Malang adalah langkah awal menuju sukses. Semoga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar